Mulai 30 April 2024, strategi bidding Komisi (per Kunjungan) dan Komisi (per Konversi) tidak akan tersedia lagi untuk kampanye Iklan Hotel baru.
Kampanye Iklan Hotel dengan strategi bidding berbasis komisi yang masih aktif akan terus ditayangkan hingga 20 Februari 2025. Tinjau Penghentian strategi bidding berbasis komisi di Iklan Hotel untuk mempelajari lebih lanjut langkah-langkah yang harus Anda ambil selanjutnya.
Komisi (per kunjungan) adalah strategi bidding untuk kampanye Hotel yang memungkinkan partner hanya membayar saat tamu benar-benar menginap. Komisi (per kunjungan) membantu partner memanfaatkan kecanggihan AI Google untuk secara efisien mendapatkan kunjungan tamu tanpa perlu khawatir tentang risiko pembatalan.
Cara kerja strategi bidding komisi (per kunjungan)
Bidding komisi (per kunjungan) dimulai setelah partner membuat kampanye dan menetapkan tarif komisi (% dari nilai pemesanan) di Setelan Bid kampanye. Langkah-langkah berikut terjadi saat pengguna menelusuri properti.
- AI Google menghitung bid menggunakan sinyal waktu lelang untuk mencapai target ROAS keseluruhan (nilai pemesanan/biaya) berdasarkan tarif komisi yang telah ditetapkan oleh partner.
- Pengguna mengklik iklan dan melakukan konversi di situs partner.
- Catatan: Pengguna mungkin berencana menyelesaikan kunjungan hotel mereka hingga beberapa bulan kemudian.
- Dalam waktu 45 hari sejak tanggal check-out pengguna, partner akan merekonsiliasikan kunjungan (memberi tahu Google apakah pemesanan telah selesai atau dibatalkan) melalui upload rekonsiliasi di Google Ads.
- Setelah direkonsiliasi, Google akan menagih partner untuk kunjungan tamu berdasarkan tarif komisi kampanye dikali nilai pemesanan.
Persyaratan
- Aktifkan penagihan Pusat Pengelolaan Hotel. Anda dapat menghubungi tim Akun Google Anda untuk mendapatkan bantuan terkait penyiapan penagihan Pusat Pengelolaan Hotel.
- Tautkan akun Google Ads ke setidaknya satu akun Pusat Pengelolaan Hotel.
- Siapkan tracking konversi dengan nilai spesifik per transaksi.
- Tetapkan kategori tindakan konversi ke "Pembelian".
- Kirimkan laporan rekonsiliasi secara berkala.
Memulai
Jika Anda ingin menyiapkan bidding komisi (per kunjungan), tetapi tidak memenuhi persyaratan, ikuti langkah-langkah di bawah untuk memperbarui informasi akun, memulai penggunaan, dan memahami laporan Anda.
Menyiapkan nilai transaksi tracking konversi
Tinjau petunjuk lengkap tentang cara menyiapkan tracking konversi untuk kampanye Hotel. Pastikan untuk mengirimkan data transaksi Anda menggunakan tag situs global dengan parameter yang diperlukan berikut:
'start_date'
'end_date'
'id' 'value'
'currency'
'value'
digunakan untuk menghitung biaya setiap konversi. Jika 'value'
dan 'currency'
terkait tidak diberikan, Google akan menggunakan nilai default di setelan konversi, dan bidder akan menyesuaikan bid. Parameter default tanggal klik akan diterapkan jika 'start_date'
dan 'end_date'
tidak tersedia.
Mengonfigurasi URL halaman landing Anda (opsional)
Iklan Hotel menyertakan parameter URL halaman landing baru untuk mendukung komisi (per kunjungan), antara lain:
(PAYMENT-ID
): Menampilkan string “komisi” yang telah ditetapkan sebelumnya, atau nomor IATA yang diberikan Google (contohnya, "01234567") jika Anda menggunakan agensi pengumpulan komisi. Untuk mengubah format nomor IATA atau string yang telah ditentukan sebelumnya, hubungi TAM (Technical Account Manager) Anda.
(IF-PAYMENT-ID
): Menampilkan "true" (benar) untuk hotel yang menggunakan strategi bidding komisi (per kunjungan); dan menampilkan "false" (salah) untuk hotel yang tidak menggunakannya. Jika "true", nilai yang mengikuti kondisi ini dimasukkan ke dalam URL. Jika tidak, nilai yang mengikuti perintah ELSE
akan dimasukkan.
Untuk informasi selengkapnya tentang cara membuat link halaman landing, tinjau Membuat URL Dinamis.
Contoh 1
http://partnerdomain.com?hotelID=(PARTNER-HOTEL-ID)&checkinDay=(CHECKINDAY)&checkinMonth=(CHECKINMONTH)&checkinYear=(CHECKINYEAR)&nights=(LENGTH)(IF-PAYMENT-ID)&bookingSource=(PAYMENT-ID)(ELSE)(ENDIF)
http://partnerdomain.com?hotelID=ABCDEF&checkinDay=15&checkinMonth=07&checkinYear=2015&nights=3&bookingSource=123456789
http://partnerdomain.com?hotelID=ABCDEF&checkinDay=15&checkinMonth=07&checkinYear=2015&nights=3
Contoh 2
<URL>http://partnerdomain.com?hotelID=(PARTNER-HOTEL-ID)&checkinDay=(CHECKINDAY)&checkinMonth=(CHECKINMONTH)&checkinYear=(CHECKINYEAR)&nights=(LENGTH)&bookingSource=(IF-PAYMENT-ID)commissions(ELSE)GoogleCPC(ENDIF)</URL>
http://partnerdomain.com?hotelID=ABCDEF&checkinDay=15&checkinMonth=07&checkinYear=2015&nights=3&bookingSource=commissions
Menyiapkan kampanye komisi (per kunjungan)
- Di akun Google Ads Anda, klik ikon Kampanye .
- Klik drop-down Kampanye di menu bagian.
- Klik Kampanye.
- Klik tombol plus , lalu pilih Kampanye baru.
- Pilih tujuan Buat kampanye tanpa panduan sasaran.
- Pilih Hotel sebagai jenis kampanye Anda.
- Klik Lanjutkan.
- Masukkan setelan kampanye di halaman "Pilih setelan kampanye". Pelajari masing-masing setelan lebih lanjut.
- Di bagian "Setelan bid", pilih Komisi dari menu drop-down "Bidding".
- Di bagian "Jumlah komisi", masukkan nilai komisi.
- Di bagian “Bayar untuk”, pilih Kunjungan Tamu.
- Klik Simpan dan Lanjutkan.
Jika ada pertanyaan teknis terkait Google Ads API (misalnya, pertanyaan yang terkait langsung dengan penggunaan API atau SDK, error yang diterima dari API atau SDK, dll.), gunakan langkah-langkah pemecahan masalah yang terdapat di halaman Dukungan Teknis API
Jika ada pertanyaan tentang Google Ads API yang secara khusus terkait dengan UI Google Ads, klik “Hubungi kami” di bagian bawah halaman.
Menggunakan Google Ads API
Jika Anda lebih suka menggunakan API untuk pembuatan kampanye, cara membuat kampanye komisi (per kunjungan) menggunakan Google Ads API mirip dengan cara membuat jenis kampanye lainnya di Google Ads. Untuk informasi selengkapnya, lihat Menambahkan Iklan Hotel.
Terdapat setelan khusus yang diperlukan untuk PaymentMode
, BudgetType
, dan BiddingStrategyType
. Lihat Google Ads API untuk detailnya.
Setelah menyelesaikan langkah-langkah yang tercantum di atas, kampanye komisi (per kunjungan) Anda siap digunakan. Jika Anda tidak menemukan traffic dalam satu hari, tinjau setelan untuk memastikan tidak ada yang salah.
Membuat laporan rekonsiliasi
Anda harus merekonsiliasi pemesanan dalam waktu 45 hari sejak tanggal check-out pemesanan. Contoh:
- Konversi (pemesanan) terjadi pada 1 Januari untuk kunjungan tamu pada 28 Februari hingga 1 Maret.
- Setelah tamu check out, Anda harus merekonsiliasi pemesanan ini sebelum 15 April (1 Maret + 45 hari).
- Pada 15 April, Google akan menagih Anda untuk kunjungan tamu yang diselesaikan berdasarkan tarif komisi yang Anda tentukan. Jika kunjungan tamu tersebut dibatalkan, Anda tidak akan ditagih. Jika Anda tidak merekonsiliasi pada tanggal 15 April, Google akan menganggap kunjungan tamu telah diselesaikan dan menagih Anda atas kunjungan tamu tersebut.
Sebaiknya download laporan per pemesanan dari halaman “Komisi” di Google Ads dan gunakan laporan yang didownload tersebut sebagai template rekonsiliasi. Lihat petunjuk Membuat laporan rekonsiliasi untuk mengetahui detailnya.
Mengupload laporan rekonsiliasi
Setelah Anda membuat laporan rekonsiliasi, klik tab “Komisi” di Google Ads untuk mengupload file. Jika Anda tidak menemukannya di menu navigasi sebelah kiri, klik "Lainnya" untuk meluaskan.
Penting untuk diketahui:
- Jika Anda mengupload baris tanpa ID Komisi atau ID Pesanan, kami akan mencoba mencocokkan kunjungan tamu dengan peristiwa pemesanan berdasarkan informasi lain yang tersedia, seperti ID Hotel dan tanggal itinerari.
- Jika kunjungan tamu dibatalkan, tetapi Anda menerima biaya pembatalan, sertakan biaya tersebut dalam rekonsiliasi.
- Anda tidak dapat mengubah bagian pemesanan apa pun setelah batas waktu rekonsiliasi (45 hari setelah tanggal check-out).
- File rekonsiliasi Anda ditujukan untuk seluruh akun (ID Pelanggan). Meskipun tampilan tabel "Komisi" difilter ke grup iklan atau kampanye, upload Anda akan diterapkan ke seluruh ID Pelanggan.
- Jika Anda mengupload laporan rekonsiliasi dalam bahasa selain bahasa Inggris, gunakan template yang didownload dari Google Ads, bukan template di pusat bantuan. Untuk mendownload laporan rekonsiliasi, klik "Download" di sudut kanan atas laporan.
- Jika nama kolom yang diterjemahkan sendiri berbeda dari yang diperkirakan sistem, laporan mungkin tidak akan diterima.
- Contoh: Rekonsiliasi Pusat Bantuan memiliki nama kolom "Komisi", tetapi bahasa akun partnernya adalah bahasa Spanyol. Jika partner menerjemahkan nama kolom secara manual menjadi "La comisión", tetapi Google Ads mengharapkan "Comisión", upload akan gagal. Download template langsung dari Google Ads dan bukan dari pusat bantuan untuk memastikan Anda mendapatkan terjemahan yang tepat.
- Jika nama kolom yang diterjemahkan sendiri berbeda dari yang diperkirakan sistem, laporan mungkin tidak akan diterima.
Jika Google tidak puas dengan keakuratan pelaporan Anda, kami dapat, dengan pemberitahuan setidaknya 7 hari sebelumnya (dan dengan alasan yang wajar), meminta Anda untuk memberikan dokumen atau data yang diperlukan agar Google dapat menentukan apakah laporan atau pembayaran yang Anda lakukan selama ini akurat. Jika Anda tidak memberikan dokumen atau data tersebut, atau jika Google tidak yakin dokumen atau data tersebut menunjukkan keakuratan pelaporan Anda, Google dapat berhenti menampilkan iklan tentang hotel Anda.
Penagihan
Biaya setiap pemesanan dihitung dengan mengalikan nilai yang direkonsiliasi dengan tarif komisi. Anda memiliki waktu 45 hari setelah tanggal checkout pada setiap pemesanan untuk merekonsiliasi kunjungan tamu yang diselesaikan. Pemesanan yang tidak ditandai sebagai dibatalkan atau direkonsiliasi akan ditagih sebagai kunjungan yang diselesaikan berdasarkan nilai pemesanan awal. Melakukan rekonsiliasi sebelum 45 hari tidak akan menyebabkan akun Anda ditagih lebih awal.
Praktik terbaik
Volume Data: Untuk mendapatkan performa terbaik dengan komisi (per kunjungan), setiap kampanye harus memiliki setidaknya 10 konversi per minggu. Pertimbangkan untuk menggabungkan kampanye jika Anda memiliki kampanye yang diperkirakan akan mendapatkan kurang dari 10 konversi setiap minggu.
Tracking konversi yang andal: Tracking konversi harus diterapkan di semua perangkat dan tempat penjualan. Gangguan tracking konversi dapat memengaruhi performa kampanye secara signifikan. Jangan menghapus kode tracking konversi dari situs Anda atau memindahkannya ke lokasi lain saat kampanye berjalan. Jika Anda mengubah kode tracking konversi, algoritme kami akan melakukan penyesuaian ulang setidaknya selama 2 minggu. Pastikan juga bahwa pemberian tag otomatis diaktifkan setiap saat untuk akun Anda.
Menyiapkan target persentase komisi: Setiap pengiklan memiliki nilai minimum laba atas belanja iklan (ROAS) yang dapat diterima untuk investasi mereka. Saat memilih tarif komisi atau bid, mulailah dengan target ROAS yang dapat diterima, lalu sesuaikan dengan menaikkan atau menurunkannya untuk mencapai keseimbangan ROAS dan volume traffic yang optimal.
- Misalnya target ROAS pascapembatalan Anda adalah 500% (yaitu, Anda mendapatkan nilai pemesanan sebesar Rp50.000 untuk setiap Rp10.000 yang dibelanjakan untuk iklan setelah pembatalan), dan rasio pembatalan Anda adalah 20%. ROAS prapembatalan Anda adalah 500% / (1 - 20%) = 625%. Jika Anda menggunakan komisi (per kunjungan) atau komisi (per konversi), tarif komisi yang direkomendasikan akan menjadi kebalikan dari ROAS prapembatalan Anda: 1 / 625% = 16%
- Setelah menentukan tarif komisi atau CPC ideal yang mencapai Target ROAS, pantau metrik performa kampanye untuk mengetahui apakah Anda mencapai sasaran volume traffic (jumlah tayangan iklan, klik, atau konversi). Lakukan evaluasi secara berkala dan perbarui tarif komisi sesuai kebutuhan untuk memastikan keseimbangan yang tepat antara ROAS dan volume traffic.
Rekonsiliasi yang konsisten: Semua pemesanan harus direkonsiliasi dalam waktu 45 hari sejak tanggal checkout. Periksa tab “Komisi” di Google Ads setiap bulan untuk memastikan Anda telah memperbarui status setiap pemesanan yang melewati tanggal checkout. Anda tidak akan ditagih hingga 45 hari setelah checkout, terlepas dari kapan Anda merekonsiliasi. Sebaiknya Anda merekonsiliasi secepat mungkin setelah status pemesanan dikonfirmasi untuk memastikan bahwa model bidding mendapatkan masukan dengan tepat waktu dan memberi Anda waktu yang cukup untuk memperbaiki error sebelum penagihan diselesaikan.
Memodifikasi nilai pemesanan: Pengguna bisa saja mengubah pemesanan, sehingga menyebabkan nilai pemesanan dimodifikasi. Jika nilai pemesanan pada saat konversi berbeda dari nilai pada saat checkout, gunakan nilai pemesanan pada saat checkout dalam laporan rekonsiliasi Anda. Ini adalah respons yang diharapkan jika nilai pemesanan lebih tinggi atau lebih rendah daripada nilai pemesanan pada saat konversi.
Mempercepat waktu pengoptimalan dan meningkatkan performa kampanye: Tunggu hingga setiap kampanye berjalan setidaknya selama 7 hari sebelum mengevaluasi performa dan melakukan perubahan. Usahakan untuk tidak melakukan perubahan terlalu sering atau drastis saat kampanye sedang berjalan (seperti memulai dan menghentikan kampanye setiap hari untuk mencegah ketidakstabilan performa).
Pertanyaan umum (FAQ)
Apa perbedaan komisi (per kunjungan) dengan komisi (per konversi)?
- Dengan komisi (per konversi), Anda tidak perlu merekonsiliasi kunjungan tamu. Jika Anda menganggap rekonsiliasi terlalu rumit, strategi bidding komisi (per konversi) mungkin lebih cocok bagi Anda.
- Dengan komisi (per konversi), Anda akan dikenai tarif komisi untuk konversi (pemesanan), bukan kunjungan tamu. Jika Anda khawatir dengan tarif pembatalan yang tinggi atau tidak dapat diprediksi, strategi bidding komisi (per kunjungan) mungkin lebih cocok bagi Anda.
Apakah ada penyesuaian bid yang kompatibel dengan komisi (per kunjungan)?
Mengapa link pemesanan Iklan Hotel saya tidak ditampilkan lebih tinggi di penempatan?
Bagaimana cara kampanye dengan komisi (per kunjungan) ditagih?
Bagaimana cara mengevaluasi performa kampanye?
- Misalkan Anda memiliki kampanye CPC dan kampanye komisi (per kunjungan) yang berjalan dengan pengaturan dan performa berikut, serta tingkat pembatalan rata-rata 20% dan nilai pemesanan rata-rata sebesar Rp1.000.000 untuk kedua kampanye:
- Kampanye komisi (per kunjungan):
- Tarif komisi 10%
- Tayangan harian: 1000 tayangan
- Kampanye CPC:
- CPC rata-rata: Rp8.000
- CVR rata-rata: 5%
- Tayangan iklan harian: 1.200 tayangan iklan
- Kampanye komisi (per kunjungan) secara efektif memiliki ROAS prapembatalan sebesar (1 / 10%) / (1 - 20%) = 12,5. Dengan kata lain, Anda mendapatkan Rp125.000 untuk setiap Rp10.000 yang Anda belanjakan pada kampanye komisi (per kunjungan) sebelum pembatalan.
- Sebaliknya, kampanye CPC Anda memiliki ROAS prapembatalan sebesar (5%)*(Rp1.000.000)/(Rp8.000) = Rp6,25. Hal ini berarti kampanye CPC Anda mendapatkan lebih banyak tayangan daripada kampanye komisi (per kunjungan) saat menayangkan ROAS yang lebih rendah.
- Untuk membuat perbandingan yang adil, Anda harus memastikan bahwa ROAS untuk kedua kampanye berjumlah sama sebelum membandingkan total volume (tayangan, klik, dan konversi). Dalam contoh ini, Anda dapat meningkatkan tarif komisi menjadi (1-20%)/6,25 = 12,8% untuk membuat perbandingan yang bermakna.
- Kampanye komisi (per kunjungan):